Friday, December 16, 2016

Makanan Yang Baik Dan Sehat Untuk Perokok

/ 0 Komentar

Sebenarnya jika anda ingin hidup yang sehat sudah saatnya untuk menghindari yang namanya rokok dan nikotin. Saya tahu bahwa untuk berhenti menghisap rokok terkadang sangatlah sulit untuk diterapkan karena zat adiktif yang ada di dalam rokok membuat seseorang ingin terus - terusan menghisapnya. Banyak kasus penyakit seperti kanker, serangan jantung, diabetes, katarak, dan stroke yang penyebab utamanya adalah asap rokok yang setiap hari dihisap seseorang melalui mulut, tenggorokan, kemudian masuk ke dalam paru - paru.

Akan tetapi apabila anda merasa masih sangat sulit untuk berhenti merokok ada baiknya anda menjaga apa yang anda konsumsi setiap harinya. Nutrisi yang baik paling tidak akan mengurangi jumlah nikotin yang ada di dalam tubuh anda. Saya akan mencoba memaparkan beberapa makanan yang baik untuk perokok untuk mengurangi resiko terkena penyakit yang disebabkan asap rokok.

Makanan yang baik untuk perokok


Segelas teh

Sebuah studi yang dipublikasikan oleh Journal Cancer di 2008 menyatakan seorang perokok yang meminum teh hijau atau teh hitam secara rutin setiap harinya beresiko lebih kecil terserang kanker paru - paru. Hal ini dikarenakan teh mengandung konsentrasi tinggi dari cetechin yang merupakan fitokimia yang dikenal sebagai senyawa flavonoid yang merupakan antioksidan yang dapat menghambat radikal bebas di dalam tubuh.

Mengkonsumsi vitamin C

Saat merokok seseorang akan melepaskan dan kehilangan lebih banyak vitamin C dari dalam tubuhnya dan dengan alsasan tersebut perokok seharusnya lebih banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dibandingkan seseorang yang tidak merokok. Jika jumlah vitamin C yang dibutuhkan seseorang yang bukan perokok adalah 90mg untuk pria dan 75mg untuk wanita maka bagi perokok harus menambahkan jumlah tersebut sebanyak 35mg setiap harinya. Berarti bagi pria yang merokok per-harinya membutuhkan asupan vitamin C sebanyak 125mg dan bagi wanita perokok membutuhkan 110mg vitamin C setiap harinya. Asupan vitmain C bisa didapatkan dari buah - buahan seperti jeruk, kiwi, anggur, strawberry, jambu merah, dan brokoli.

Mengkonsumsi vitamin E

Vitamin E dapat meningkatkan elastisitas dan fungsi pada pembuluh darah yang akan menurunkan resiko seseorang terkena serangan jantung. Oleh karena itu bagi perokok mengkonsumsi vitamin E yang cukup akan sangat membantu menjaga jantung. Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Free Radical Biology and Medicine pada 2013 silam menyatakan bahwa mereka telah melakukan penelitian terhadap seorang perokok yang mengkonsumsi suplemen vitamin E dengan dosis yang cukup tinggi setiap harinya memiliki jantung yang lebih sehat jika dibandingkan dengan seorang perokok yang asupan vitamin E nya kurang. Sumber vitamin E dapat anda temukan pada kacang almon, biji bunga matahari, bayam, hazelnut, alpukat, brokoli, dan pepaya.

Perbanyak makan sayuran

Seperti yang kita tahu bahwa sayuran hijua memiliki banyak manfaat dan sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Riset yang dipublikasikan BMC Cancer pada tahun 2010, semakin banyak seorang perokok mengkonsumsi sayuran maka semakin kecil resiko seseorang untuk terserang kanker paru - paru. Karena sayuran merupakan sumber makanan alami yang mengandung isothiocyanates didalamnya yang menurut penelitian merupakan zat yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Selain itu sayuran juga memiliki segudang vitamin dan kaya akan antioksidan yang akan menyehatkan tubuh.

Perbanyak minum air

Air yang merupakan sumber kehidupan merupakan zat yang memilki banyak manfaat dan kegunaanya baik untuk kesehatan ataupun untuk kelangsungan hidup seluruh organisme di muka bumi. Manfaat air bagi perokok adalah untuk menghindari tubuh dehidrasi karena perokok akan cenderung kekurangan cairan lebih banyak dibandingkan seseorang yang bukan perokok.

Semoga artikel tentang makanan yang baik untuk perokok ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Salam sehat!

No comments:

Post a Comment

Back To Top