Sunday, July 17, 2016

Tips Merawat Baterai Smartphone

/ 0 Komentar
baterai


Baterai merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi sebuah smartphone, karena baterai lah yang memberikan power agar sebuah smartphone dapat menjalan seluruh fungsi sistemnya. Oleh karena itu sangatlah penting bagi kita untuk dapat merawat dan menjaga baterai smartphone kita agar selalu dalam kondisi yang stabil. Apalagi bagi anda yang seorang gamer dan hobi bermain game di smartphone, maka baterai akan menjadi salah satu instrumen yang sangat vital dalam bermain game. Atau anda adalah seorang yang exis dan pecinta media sosial tentunya akan terasa sangat galau apabila sedang asik-asiknya bersocmed tiba-tiba baterai smartphone anda drop.

Dan kali ini saya akan memberitahu anda sedikit pengetahuan bagaimana cara merawat baterai smartphone kesayangan anda. Berikut ini adalah tips-tips yang mungkin akan membantu anda.

Menjaga suhu baterai agar tidak terlalu panas

Suhu merupakan sesuatu yang sangat erat jika dikaitkan dengan perangkat elektronik. Begitu juga halnya dengan baterai smartphone yang akan semakin baik jika berada pada suhu yang normal. Untuk menjaga agar suhu baterai tidak terlalu panas atau dalam istilah dunia IT-nya OverHeating maka sangat dianjurkan untuk menggunakan smartphone di tempat yang memiliki suhu yang tidak terlalu panas. Contohnya di dalam ruangan yang menggunakan air conditioner (AC) yang disetel suhunya agar tetap dingin. Hal ini akan sangat membantu dalam menjaga suhu baterai smartphone anda dan tentunya akan membuat baterai anda menjadi awet dan lebih tahan lama.

Sebisa mungkin hindari baterai dibawah 20%

Baterai lithium-ion akan berada di performa terbaiknya di titik daya 40% keatas. Oleh karena itu saya menganjurkan untuk melakukan recharge sebelum baterai berada di bawah 40% dan sangat tidak disarankan membiarkan baterai anda berada di bawah 20% apalagi kalau sampai 0% atau padam. Hal tersebut akan menyebabkan baterai anda cepat rusak.

Mengatur screen brightnes

Layar merupakan salah satu komponen yang cukup banyak memakan daya baterai. Oleh karena itu sangat disarankan untuk melakukan setting screen brightnes agar sedikit redup atau tidak terlalu terang. Ini akan lebih memghemat daya baterai smartphone anda dan tentu saja menjaga baterai anda agar tidak cepat rusak.

Mengisi daya sedikit demi sedikit

Melakukan pengisian daya sedikit demi sedikit akan lebih baik daripada melakukanya langsung sampai penuh. Ini dikarenakan sel-sel pada baterai lithium-ion akan lebih sehat jika dicharge sedikit demi sedikit.

Jangan menggunakan walpaper atau screen saver bergerak

Menggunakan wallpaper dan screen saver bergerak atau animated akan menyebabkan daya baterai terkuras lebih cepat. Walaupun dengan animated wallpaper dan screen saver ini smartphone kita terlihat lebih dinamis. Ini dikarenakan walaupun smartphone dalam keadaan standby akan tetapi wallpaper dan screen saver akan tetap menguras baterai.

Demikianlah sedikit penjelasan tentang tips atau cara merawat baterai smartphone agar tetap awet. Semoga apa yang sudah saya jelaskan di atas bisa bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih telah membaca artikel saya, jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar.

No comments:

Post a Comment

Back To Top