Wednesday, December 28, 2016

10 Cara Cepat Dan Tepat Berhenti Merokok

/ 0 Komentar
Tips Tepat Berhenti Merokok

Jika anda membuka artikel ini, berarti di dalam hati anda terbesit niat untuk berhenti menghisap rokok. Tidak ada keuntungan dan faedah yang bisa kita dapatkan dari menghisap asap rokok, hanya kerugian baik secara materi, fisik, dan mental kita yang rusak karena asap bernikotin ini. Oleh karena itu artikel ini saya buat untuk mengetahui bagaimana cara cepat berhenti merokok sebelum anda menyesalinya di kemudian hari.

Mengapa orang tetap menghisap rokok padahal di bungkusan rokok sendiri sudah diberi peringatan merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin. Bahkan saat ini pemerintah telah melampirkan gambar yang menurut saya sangat seram yang bisa terjadi kepada seorang perokok.

Banyak alasan orang - orang susah berhenti merokok walaupun sudah diberikan peringatan keras yang dicantumkan di bungkus - bungkus rokok. Bahkan ada orang yang memilih membeli rokok daripada membeli makanan untuk perutnya yang lapar. Inilah dimana seseorang telah menjadi pecandu berat rokok yang tidak bisa melewati walaupun hanya satu jam bahkan setengah jam tanpa membakar sebatang rokok. Hal ini dikarenakan zat addictive yang terdapat pada rokok langsung menyerang pusat saraf seseorang yang menghisapnya. Semakin lama semakin banyak zat beracun tersebut dihisap maka semakin candu pula orang tersebut.

Disini saya akan memberikan beberapa tips cara berhenti merokok dengan cepat, silahkan simak dan baca baik - baik beberapa poin berikut ini.

1. Cari alternatif rokok

Alternatif yang saya maksud disini adalah sesuatu yang bisa menyibukkan mulut dan tangan anda agar terlupa dari merokok. Beberapa alternatif seperti permen karet dan snack patut dicoba untuk menyibukkan mulut anda agar terlupa dari rokok. Dengan begitu kadar nikotin di dalam darah pun akan semakin berkurang sehingga anda bisa segera berhenti merokok.

2. Hindari kegiatan pemicu merokok

Hindari kegiatan seperti ngopi, ngobrol, melamun, dll yang biasanya membuat anda ingin menghisap rokok. Terasa sulit memang, akan tetapi untuk bisa berhenti merokok dengan cepat memang membutuhkan usaha yang ekstra tentunya. Bisa menahan diri adalah kunci sukses untuk berhenti merokok.

3. Hindari tempat yang banyak asap rokok

Terbebas dari asap rokok akan menurunkan nafsu anda untuk merokok. Ditempat yang banyak asap rokok tentunya banyak pula orang yang sedang menghisap rokok. Melihat hal tersebut akan membuat anda menjadi ingin menghisap rokok. Selain itu menghindari asap rokok akan menjauhkan anda dari penyakit yang berasal dari asap rokok.

4. Hindari sementara teman yang merokok

Alasanya menghindari sementara teman yang merokok sama halnya dengan poin di atas yaitu untuk menghindari keinginan anda untuk merokok dan nenjaga kesehatan. Akan tetapi poin sementara yang saya katakan haruslah digaris bawahi. Setelah anda sudah benar - benar bebas dari kecanduan rokok anda bisa kembali bergabung bersama teman anda tersebut. Karena menjaga silaturahmi sama pentingnya dengan menjaga kesehatan.

5. Konsumsi makanan yang membersihkan nikotin dari dalam tubuh

Konsumsilah makanan yang bisa membersihkan nikotin dari tubuh seperti air kelapa, kedelai, buah - buahan, dll. Semakin terkikis nikotin dari tubuh anda, maka semakin hilang pula candu dari rokok anda. Jika anda ingin berhenti merokok, maka sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan penetralisir dari nikotin tersebut.

6. Mencari kesibukan

Carilah kesibukan yang membuat anda lupa akan rokok seperti olahraga, bermain game, shopping, dll. Semakin anda lupa dan sibuk dengan kegiatan tersebut, maka akan semakin cepat pula anda untuk sukses berhenti merokok.

7. Makan di tempat yang dilarang merokok

Semua pecandu rokok pasti berkata kalau merokok setelah makan rasabya sangat enak dan jika tidak dilakukan seperti ada yang kurang lengkap. Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah untuk makan di tempat yang memang dilarang merokok atau no smoking. Rata - rata foodcourt menyediakan dua tempat bagi konsumenya yaitu smoking area dan no smoking area. Pilihlah yang no smoking agar anda terlatih untuk tidak merokok setelah makan.

8. Pikirkan manfaat dari berhenti merokok

Berhenti merokok tentunya sangatlah bermanfaat baik secara finansial, kesehatan, maupun psikologis. Dengan terhindarnya anda dari asap rokok dapat memberikan manfaat seperti hemat secara finansial, tidak cepat tua, menghindari stres, meningkatkan kesuburan, terhindar dari penyakit, bahkan performa anda di ranjang akan memuaskan pasangan, dan masih banyak lagi manfaat yang bisa anda dapatkan dengan berhenti merokok.

9. Perbanyak minum air putih

Dengan meminum air putih akan memberikan kesegaran kepada tubuh sehingga anda akan lebih bisa bertahan dari godaan rokok. Air putih juga bermanfaat untuk melunturkan racun - racun dari rokok yang mengalir di dalam darah anda. Cobalah meminum segelas air disaat rasa ingin merokok anda mulai muncul, hal ini akan akan menghilangkan sedikit nafsu anda untuk merokok.

10. Niat dan pertahankan

Semua poin di atas jika tidak disertai dengan niat tentunya tidak akan berhasil berjalan sebagaimana mestinya. Oleh karena itu bulatkan niat anda untuk berhenti merokok karena merokok tidak ada manfaatnya dan hanya kerugian semata. Setelah tekad anda benar - benar bulat untuk berhenti merokok dan anda telah menjalankan poin -poin diatas maka pertahankanlah sampai anda benar - benar sembuh dari kecanduan rokok.

Semoga artikel ini dapat membantu anda berhenti merokok dengan cepat, Terimakasih!

No comments:

Post a Comment

Back To Top