Wednesday, January 18, 2017

Makanan Untuk Diet Yang Baik Dan Sehat

/ 0 Komentar
Makanan Untuk Diet Yang Baik Dan Sehat

Memiliki tubuh yang ideal adalah impian hampir semua orang tak terkecuali itu pria maupun wanita. Dengan bentuk tubuh yang porposional dan ideal akan meningkatkan kepercayaan diri seseorang untuk tampil di depan umum. Bukan hanya itu, dengan bentuk tubuh yang ideal akan menambah rasa sayang pasangan anda tentunya. Dengan alasan tersebutlah banyak orang yang memulai program diet dan menjalaninya dengan sungguh - sungguh hingga mendapatkan hasil seperti yang di inginkan.

Untuk diperhatikan, diet yang baik bukan hanya sekedar menahan atau menekan nafsu makan sehingga tubuh kekurangan nutrisi. Hal tersebut justru akan mendatangkan beberapa hal yang bersifat negatif dan akan merusak kesehatan tubuh anda. Diet yang baik juga harus memikirkan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh guna menjaganya agar tetap sehat. Untuk mengakalinya kita butuh makanan yang baik untuk diet yang di dalamnya terkandung nutrisi - nutrisi yang akan menjaga tubuh tetap sehat. Ada beberapa makanan untuk diet sehat yang wajib anda masukkan kedalam daftar menu harian anda saat menjalankan program diet.

Banyak makanan sehat yang berguna untuk menjaga tubuh agar tetap sehat, akan tetapi tidak semua makanan sehat baik untuk diet. Makanan terbaik untuk diet haruslah mengandung beberapa nutrisi yang baik dan seimbang untuk menjaga kesehatan tubuh dan tentunya tidak menambah berat badan. Jika anda serius untuk memulai program diet yang sehat maka beberapa makanan yang baik untuk diet berikut ini bisa jadi referensi bagi anda.

Sebelum kita membahas tentang makanan yang baik untuk diet, penting rasanya untuk mengetahui kandungan makanan apa yang baik untuk diet itu sendiri. Makanan yang terabaik untuk diet haruslah mengandung nutrisi yang baik di dalamnya. Tubuh harus menyerap vitamin, protein, mineral, dan karbohidrat dengan seimbang guna menjaga tubuh agar tetap fit. Karena seperti yang telah saya sebutkan tadi bahwa diet bukan hanya sekedar mengurangi porsi makan, akan tetapi memasukkan makanan yang memgandung nutrisi seimbang kedalam tubuh.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang baik untuk diet sehat anda.

Telur

Telur merupakan salah satu makanan yang baik untuk diet karena didalamnya terkandung protein yang baik dan kalori yang kecil. Dalam sebutir telur terkandung sekitar 6 gram protein yang baik dan hanya 72 kalori. Fakta tersebut menjadikan telur salah satu primadona sebagai makanan terbaik untuk diet yang bagus dikonsumsi saat sarapan di pagi hari. Dengan mengkonsumsi telur anda bisa merasakan kenyang tanpa harus khawatir akan bertambahnya berat badan.

Riset menunjukkan dengan mengkonsumsi 2 butir telur saat sarapan di pagi hari akan membantu menurunkan berat badan dua sampai tiga kali lebih cepat. Ada juga riset yang dilakukan terhadap 30 wanita dengan berat badan yang berlebih yang dianjurkan untuk mengkonsumsi telur saat sarapan. Mereka mengaku hal tersebut dapat mengurangi porsi makan mereka sampai 36 jam kedepan. Bukan hanya itu, selain makanan yang baik untuk diet telur juga mengandung nutrisi yang baik untuk otak yang disebut omega-3 serta masih banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh yang terkandung di dalam telur.

Sayuran hijau

Salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengkonsumsi sayuran hijau yang merupakan salah satu makanan terbaik untuk diet. Hal tersebut bukanlah tanpa alasan, dengan kandungan serat yang besar dan jumlah kalori serta karbohidrat yang terbilang kecil menjadikan sayuran hijau sebagai salah satu primadona sebagai makanan yang disarankan untuk diet.

Ada beberapa sayuran hijau yang sangat disarankan untuk dikonsumsi jika anda ingin menurunkan berat badan. Beberapa sayuran tersebut seperti kale, bayam, sawi, selada, brokoli, dan kubis memiliki banyak kandungan serat, vitamin, dan antioksidan dengan jumlah kalori dan karbohidrat yang kecil. Oleh karena itu jenis sayuran hijau tersebut merupakan salah satu makanan yang baik untuk diet anda.

Ikan salmon

Ikan salmon terkenal mengandung banyak nutrisi baik yang dapat menyehatkan tubuh dan mencerdaskan otak. Kandungan kalori yang terdapat di dalam daging ikan salmon pun lebih kecil dibandingkan dengan daging merah lainya. Oleh karena itu jika anda memang benar - benar serius untuk menjalani diet yang sehat tidak ada salahnya memasukkan salmon ke dalam menu makanan untuk diet anda. Anda dapat mengganti menu daging merah dengan ikan salmon  yang akan menyelamatkan anda dari kalori yang berlebih.

Selain kandungan protein dan omega-3 yang tinggi ikan salmon juga mengandung iodine yang dipercaya dapat membantu sistem metabolisme tibuh menjadi optimal. Jika sistem metabolisme tubuh dapat berjalan dengan optimal maka secara otomatis makanan yang masuk ke dalam tubuh akan dicerna secara sempurna. Hal ini akan secara sempurna membakar makanan didalam perut menjadi energi sehingga tidak menjadi lemak yang akan membuat badan menjadi semakin gemuk.

Kentang rebus

Kentang dan nasi sama - sama mengandung karbohidrat yang dikatakan sebagai pelaku utama bertambahnya berat badan seseorang. Akan tetapi perlu diketahui bahwa tubuh kita membutuhkan karbohidrat yang merupakan sumber energi terbesar. Walaupun anda sedang dalam program diet anda juga harus memasukkan karbohidrat yang cukup ke dalam tubuh anda guna mendapatkan energi untuk melakukan aktivitas harian.

Akan tetapi ada perbedaan antara kentang dan nasi yang sangat mempengaruhi bertambahnya berat badan seseorang. Perbedaan tersebut adalah kandungan serat yang jauh lebih besar yang terdapat di dalam kentang dibandingkan dengan nasi. Seperti yang kita tahu serat sangat membantu dalam hal pencernaan atau metabolisme. Oleh karena itu daripada nasi sebaiknya anda beralih untuk mengkonsumsi kentang sebagai asupan karbohidrat harian.

Ada sebuah tes yang melakukan pengujian terhadap beberapa makanan yang mengandung karbohidrat yang bertujuan untuk mengetahui makanan mana yang membuat seseorang lebih cepat kenyang. Dan peringkat pertama dari hasil pengujian tersebut jatuh kepada kentang rebus. Oleh karena itu dengan mengkonsumsi kentang akan membuat anda kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama yang secara otomatis akan menekan nafsu makan anda.

Ikan Tuna

Sebagaimana yang kita tahu bahwa ikan merupakan salah satu sumber protein terbesar yang bisa kita dapatkan. Akan tetapi ikan tuna memiliki sesuatu yang spesial dibandingkan dengan jenis ikan lain yang kerap kita jumpai. Ikan tuna mengandung protein yang tinggi dan lemak yang kecil yang kira - kira hanya sekitar 2%. Dalam 100 gram daging ikan tuna mengandung 30 gram protein, 1 gram karbohidrat, dan hanya 0 lemak. Angka - angka tersebut telah menjelaskan mengapa ikan tuna termasuk ke dalam salah satu makanan yang baik untuk diet. Ikan tuna juga makanan yang sangat favorit di kalangan binaragawan guna mencukupi asupan protein mereka tanpa harus khawatir terhadap lemak.

Kacang - kacangan

Jika anda sedang menjalankan program diet maka kacang - kacangan merupakan salah satu menu camilan yang wajib anda masukkan kedalam menu harian anda. Kacang - kacangan menjadi makanan yang baik dikonsumsi saat diet karena di dalamnya anda bisa mendapatkan kandungan protein yang baik dan serat yang cukup tinggi. Akan tetapi anda harus cukup bijak untuk menentukan jenis kacang - kacangan apa yang baik untuk diet anda. Hal tersebut dikarenakan tidak semua jenis kacang - kacangan baik untuk program diet anda. Ada beberapa jenis kacang - kacangan yang sudah tercampur dengan gula, garam, maupun tepung yang justru akan membuat program diet anda gagal.

Berikut ini sedikit referensi untuk anda dalam memilih kacang - kacangan:


  • Walnut
  • Kacang brazil
  • Kacang mete
  • Kacang almond
  • Hazelnut
  • Kacang tanah
  • Kacang pistachio
  • Kacang hitam
  • Kacang merah


Cottege cheese (keju lembut)

Cottege cheese mengandung protein yang sangat tinggi dan rendah lemak, kalori, dan karbohidrat yang sebagaimana kita ketahui merupakan penyebab utama kegemukan. Cottege cheese dapat memberikan anda rasa kenyang dan lebih lama sehingga nafsu untuk makan pun akan berkurang. Selain itu cottege cheese juga dapat menekan keinginan anda untuk mengkonsumsi makanan yang manis atau mengandung kadar gula yang tinggi.

Biasanya cottege cheese ini dijadikan menu sarapan pagi karena jumlah protein yang dikandungnya cukup besar sehingga dapat memberikan energi untuk beraktivitas. Atau ada juga yang menjadikan cottege cheese sebagai camilan atau makanan penutup.

Alpukat

Alpukat merupakan buah yang menjadi primadona bagi banyak orang yang sedang menjalankan program diet. Alasan alpukat menjadi makanan yang baik untuk diet karena dengan mengkonsumi alpukat dapat memberikan efek kenyang sehingga menghindarkan seseorang untuk mengkonsumsi makanan lainya.

Alpukat mengandung lemak yang baik atau sering disebut dengan lemak tak jenuh yang justru baik untuk menurunkan kolestrol dan menghindarkan seseorang terserang penyakit jantung. Selain itu alpukat juga mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas di dalam tubuh sesorang. Antioksidan yang terkandung di dalam buah alpukat berbeda dengan kebanyakan antioksidan yang terdapat dalam sayuran. Antioksidan yang dimiliki buah alpukat secara langsung menembus kedalam mitokondria yang merupakan bagian paling penting dari fungsi sel tubuh yang mengubah makanan menjadi energi.

Alpukat juga mengandung serat sekiar 8% dari kebutuhan serat harian yang akan membantu sistem metabolisme anda. Selain itu di dalam buah alpukat juga terkandung kalium yang akan membantu proses penurunan berat badan.

Biji - bijian

Ada beberapa jenis dari biji - bijian yang bisa membantu anda untuk menurunkan berat badan seperti gandum dan beras merah. Di dalam gandum terkandung beta glucan yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu serat larut yang terkandung di dalam gandum juga dapat menjaga anda merasa kenyang lebih lama dan membantu menjaga kesehatan metabolisme.

Saat mengkonsumsi gandum diasarankan untuk tidak memakanya saat dalam keadaan panas. Tunggulah suhu gandum dingin terlebih dahulu sebelum anda memakanya, karena gandum yang di dinginkan akan mengeluarkan senyawa yang disebut pati resisten yang fungsinya hampir sama dengan serat.

Cabai

Cabai yang merupakan buah yang dijadikan bumbu yang paling banyak digemari masyarakat indonesia ternyata merupakan salah satu makanan yang dianjurkan dalam program diet. Hal ini dikarenakan di dalam cabai terkandung substansi capsaicin yang dipercaya dapat mempercepat pembakaran lemak dalam tubuh. Substansi capsaicin ini sangat banyak ditemui pada komposisi suplemen - suplemen diet yang beredar dipasaran.

Buah - buahan

Buah - buahan adalah menu yang wajib bagi mereka yang sering menjalankan program diet yang baik dan sehat. Didalam buah - buahan kita bisa mendapatkan banyak manfaat karena didalamanya terkandung vitamin yang besar serta serat yang dapat membantu seseorang untuk menurunkan berat badanya. Biasanya dalam program diet seseorang akan menyertakan buah - buahan sebagai camilan sehat yang akan membantu mereka untuk menurunkan berat badan.

Walaupun terkadang di dalam buha terkandung gula, akan tetapi serat yang relatif besar dapat mencegahnya untuk masuk kedalam aliran darah. Oleh karenanya buah menjadi salah satu elemen paling penting saat menjalankan program diet.

yogurt

Yogurt merupakan makanan diolah dari susu yang difragmentasikan dan tentunya makan yang baik untuk diet. Satu cup yogurt bebas lemak mengandung 30% kalsium dan 20% vitamin D yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Yogurt juga mengandung senyawa probiotic bacteria yang berfungsi untuk meningkatkan fungsi usus dalam penyerapan.

Itu tadi adalah beberapa makanan yang baik untuk diet sehar yang bisa anda jadikan referensi dalam menjalankan program diet. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam menjalankan program diet sehat. Terimakasih!

No comments:

Post a Comment

Back To Top