Thursday, July 21, 2016

Mengatasi Aplikasi Android Crash

/ 1 Komentar


Pastinya sangat menyebalkan apabila kita telah mengunduh sebuah aplikasi akan tetapi tidak bisa dibuka atau crash. Hal ini kerap kali terjadi pada smartphone android dan membuat gusar para penggunanya. Bagaimana tidak, bayangkan saja apabila anda telah mendownload aplikasi yang besar dengan sabar dan menghabiskan kuota yang banyak akan tetapi saat akan dibuka aplikasinya crash.

Kalau hal tersebut terjadi kepada anda, mungkin anda langsung berfikir untuk menghapus aplikasi tersebut dan mendownload ulang atau malah tidak ingin mendownloadnya sama sekali karena trauma akan terjadi hal yang sama. Sebaiknya jangan buru-buru untuk langsung menghapus aplikasi tersebut, masih ada cara lain yang bisa dilakukan agar aplikasi yang crash tadi bisa dibuka kembali dengan catatan bahwa file apk yang anda download tidak corupt.

Untuk memperbaiki aplikasi android yang crash atau tidak bisa dibuka silahkan ikuti langkah berikut ini.

1. Reboot smartphone android anda

Silahkan matikan dan hidupkan kembali smartphone android anda. Setelah smartphone sudah kembali menyala coba anda buka kembali aplikasi yang crash tadi.

2. Reset app preference

Settings > General > Application manager
Tap pada tombol menu dan pilih Reset app preferences

3. Force stop, clear data, dan clear cache aplikasi

Settings > General > Appication manager
Pilih aplikasi yang crash dan tap Force stop, Clear data, dan Clear cache

Coba buka kembali aplikasi yang tadinya crash, apakah sekarang aplikasi tersebut sudah bisa dijalankan. Jika ketiga cara di atas tidak berpengaruh dan aplikasinya tetap crash maka coba re-install aplikasinya. Kalau masih belum bisa juga anda disarankan untuk melaporkanya ke developer dari aplikasi tersebut.

1 comment:

Back To Top