Friday, August 5, 2016

Salin Hard Copy Menjadi Soft Copy Tanpa Mengetik! Dengan Android

/ 0 Komentar
Saat ini perkembangan teknologi memang benar-benar sudah sangat luar biasa. Kalau dulu kita harus mengetikkan teks dari buku atau hard copy ke komputer kita, saat ini sudah tidak serumit itu. Anda bisa langsung menyalin teks dari sebuah media hard copy menjadi soft copy secara instan dan tanpa mengetik langsung ke smartphone android anda.

Kalau ada yang belum tahu apa itu hard copy dan soft copy akan saya jelaskan sedikit. Hard copy adalah sebuah media yang di dalamnya terdapat informasi teks ataupun gambar. Contohnya buku, makalah, majalah, koran, dll. Sedangkan soft copy adalah media teks digital yang ada di dalam sebuah sistem komputasi. Sekarang anda sudah tahu apa itu hard copy dan soft copy. Sekarang yang akan kita bahas adalah bagaimana cara menyalin dari hard copy ke soft copy tanpa harus mengetik.

Kali ini google juga merilis aplikasi yang yang bisa memindahkan salinan dari hard copy ke soft copy. Tidak perlu repot-repot mengetik ulang, anda hanya tinggal mengarahkan kamera smartphone anda ke sebuah objek teks dan aplikasi tersebut akan melakukan scanning untuk mengopi teks yang ada di buku atau objek hard copy lainya.

Untuk menyalin sebuah buku atau hard copy menjadi sebuah file teks digital atau soft copy caranya sangat mudah. Kita hanya membutuhkan dua aplikasi yang bisa didapatkan secara gratis di playstore. Kedua aplikasi tersebut adalah "Google Googles" dan "Google Keep". Silahkan download di playstore anda atau klik link berikut ini.

Google Googles download link:
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.apps.unveil&hl=en

Google Keep download link:
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.keep&hl=en

Download kedua aplikasi tersebut dan kemudian ikuti langkah di bawah ini untuk menyalin hard copy menjadi soft copy tanpa mengetik hanya dengan melakukan scanning.

Cara menggunakan Google Googles Dan Google Keep


  1. Buka aplikasi Google Googles.
  2. Izinkan bila aplikasi meminta authentikasi kamera smarthpone android anda.
  3. Arahkan kamera anda ke hard copy yang ada teksnya.
  4. Tap tombol yang berlogo kamera.
  5. Biarkan proses scanning selesai.

Setelah proses scanning selesai anda akan mendapati teks yang tadi anda scan terpapar di layar smartphone anda. Copy teks tersebut dan bukalah aplikasi Google Keep. Pastekan teks tersebut dan edit lah jika ada kesalahan format atau mungkin sedikit kesalahan pada teksnya.

Sebetulnya tidak harus Google Keep yang bisa digunakan bersamaan denga Google Googles. Anda juga bisa menggunakan alternatif word processor lainya.

Sekarang kita sudah tahu dan tidak harus repot-repot lagi untuk menyalin sebuah teks dari media hard copy ke smartphone. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu anda. Terimakasih!

No comments:

Post a Comment

Back To Top