Tuesday, July 26, 2016

Cara Mengoptimalkan Pencarian Di Google

/ 0 Komentar
Siapa yang tidak kenal yang namanya google di era digital seperti saat ini yang merupakan search engine nomor satu di dunia. Kalau anda terbentur sebuah masalah, mungkin google lah yang pertama kali anda datangi untuk mencari jawaban. Bahkan karena over populernya search engine yang satu ini istilah untuk searching dengan search engine pun berubah menjadi googling. Pasti anda juga pernah mendengar kata-kata "tanya aja mbah google!" Yang keluar dari mulut kerabat anda. Ya memang google begitu banyak membantu kita dalam mencari jawaban dari suatu masalah atau untuk mencari hal-hal menarik lainya.
Menggunakan search engine google pun dapat dikatakan sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Tinggal buka google.com dan ketikkan keyword yang anda inginkan maka akan muncul banyak sekali list dari website yang sesuai dengan keyword yang kita ketikkan tadi. Biasanya kita akan klik kanan link-link tersebut dan memilih open link new tab agar mudah di close apabila website yang dituju tidak sesuai harapan dan kembali lagi ke google untuk mengklik link berikutnya.
Google adalah search engine mutakhir berteknologi tinggi yang sangat cerdas, sehingga kita bisa searching dengan mudah dan nyaman. Founder dan para enginer telah memikirkan aspek-aspek yang akan memudahkan user untuk googling. Berikut beberapa teknologi google yang mempermudah user untuk ber-googling.

1. Anda tidak harus mengetikkan keyword dengan kalimat yang benar

Cara kerja search engine google adalah dengan menafsirkan kata-per-kata bukan per-kalimat. Jadi walaupun kalimat yang anda ketikkan tidak beraturan, google akan tetap menampilkan hasil yang relevan.
Berikut ini contoh query dengan kalimat yang benar dan yang tidak beraturan


Dapat dilihat dari hasil di atas bahwa google akan tetap menampilkan hasil yang sama walaupun susunan kalimatnya berbeda. Kalimat cara menyalakan komputer dan menyalakan komputer cara akan memiliki hasil yang sama di googel search engine.

2. Tidak perlu khawatir typo

Pasti semua orang pernah mengalami yang namanya typo dan bagi google istilah typo bukanlah sesuatu yang harus dikhawatirkan. Google adalah search engine yang sangat cerdas karena memiliki sistem logika yang akan mengoreksi saat anda typo.


Dapat anda lihat sendiri contoh di atas menunjukan saat saya mengetikkan buty and the best google mengoreksinya menjadi beauty and the beast dan menampilkan hasilnya.
Sekarang kita sudah tahu bagaimana cerdas dan canggihnya teknologi dari si mbah google ini. Dengan hanya mengetikkan keyword dan enter kita bisa langsung mendapatkan informasi yang kita inginkan. Tapi apakah hanya sebatas itu yang dibahas artikel ini? Tentu tidak, kita masih akan membahas tentang bagaimana lebih mengoptimalkan pencarian di google.
Untuk mengoptimalkan pencarian di google kita akan memanfaatkan keyword rahasia atau keyword khusus atau keyword spesial terserah anda mau bagaiamana menyebutnya. Dengan memanfaatkan teknik menggunakan keyword khusus ini hasil yang ditampilkan oleh google akan lebih dipersempit dan informasi akan lebih mudah kita dapat serta menghemat waktu tentunya.

3. Menggunakan #[hashtag] untuk pencarian hashtag

Dengan menggunakan tanda '#' sebelum keyword hashtag, maka akan mempermudah kita mencari hashtag di google+, twitter, instagram, dan socmed lainya.
Contoh gambar di atas menampilkan beberapa hashtag #sowhat.

4. Menggunakan @[nama] untuk mencari profil seseorang di google

untuk mencari profil seseorang anda hanya perlu menambahkan '@' sebelum nama maka google akan mencari profil sari nama tersebut baik melalui socmed ataupun media lainya.
Contoh di atas menampilkan hasil dari @davikah yang menampuilkan profil dari orang yang bernama davikah.

5. Menggunakan titik dua '..' yang berarti diantara

Contohnya jika anda mencari smartphone dengan harga $300 s/d $700 maka keyword yang harus diketikkan adalah smartphobe $300..$700
Hasilnya akan menunjukkan smartphone dari $300 s/d $700.

6. Mencari file tertentu dengan filetype

Kita bisa lebih cepat mencari sebuah file dengan menambahkan keyword filetype. Sebagai contoh saya akan mencari ebook dengan ekstensi pdf tentang ilmu komputer. Maka saya akan memasukkan keyword filetype:pdf ilmu komputer.
Dari gambar di atas terlihat link-link dari file pdf yang bisa anda download.

7. Menggunakan inurl untuk mencari link spesifik

Sebagai contoh saya ingin mencari website yang memiliki page humor.php di dalamnya. Maka keyword yang akan saya ketikkan adalah inurl:humor.php

8. Menggunakan intitle untuk mencari judul

Sebagai contoh saya akan mencari sebuah artikel dengan judul smartphone tercepat 2016. Maka yang akan saya ketikkan adalah intitle:smartphone tercepat 2016

9. Menggunakan intext untuk mencari text yang spesifik

Sebagai contoh saya akan mencari website yang ada text teknologi terkini. Maka keywordnya adalah intitext: "teknologi terkini"
mengapa saya gunakan tanda petik? Ini dikarenakan saya ingin mendapatkan hasil yang benar-benar spesifik.

10. Menggunakan site untuk menemukan text spesifik dari sebuah website

Contohnya saya ingin mencari teks navigation bar di website w3schools maka saya akan menggunakan keyword site:w3schools navigation bar
Back To Top