Thursday, December 29, 2016

Makanan Yang Baik Untuk Menjaga Kesehatan Dan Kekuatan Tulang

/ 0 Komentar
Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Tulang

Memiliki tulang yang sehat dan kuat hingga tua adalah mimpi dari semua orang tanpa terkecuali. Karena dengan tulang yang kuat seseorang bisa menegakkan tulang punggung dan berjalan menikmati dunia yang indah ini. Itulah mengapa sangat penting rasanya menjaga kesehatan tulang yang menyanggah tubuh kita agar tetap kuat tegak berdiri.

Vitamin D dan kalsium adalah dua elemen penting yang akan menjaga tulang tetap kuat dan sehat. Dengan asupan vitamin D dan kalsium yang baik akan membantu menjaga kekuatan dan kesehatan tulang. Kalsium memiliki fungsi untuk menjaga struktur tulang dan gigi anda, sedangkan vitamin D mengatur penyerapan kalsium untuk pertumbuhan tulang. Biasanya orang mendapatkan asupan vitamin D dari cahaya matahari pagi dan kalsium dari susu.

Orang dewasa membutuhkan 1000mg kalsium dan 200 IU (International Units) vitamin D setiap harinya. Sedangkan orang tua dengan umur 50 tahun ke atas membutuhkan 1200mg kalsium dan 600UI vitamin D. Dan untuk lebih memaksimalkan kalsium dan vitamin D ada beberapa makanan yang akan membantu anda menjaga tulang agar tetap sehat dan kuat.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang akan membantu menjaga kesehatan tulang anda.

1. Susu

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa susu adalah sumber kalsium yang besar dan memiliki kandungan protein yang baik juga. Segelas susu mengandung sekitar 30% dari kebutuhan kalsium tubuh setiap harinya. Apalagi saat ini sudah ada susu spesial untuk kesehatan tulang yang mengandung lebih banyak kalsium dan dilengkapi vitamin D untuk menyempurnakan penyerapan ke tulang. Dengan mengkonsumsi susu paling tidak dua gelas setiap harinya akan membantu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang anda.

2. Yogurt

Sama halnya dengan susu satu cup yogurt bebas lemak mengandung 30% kalsium dan 20% vitamin D yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Dengan mengkonsumsi yogurt setiap harinya akan membantu menyehatkan dan memperkuat tulang anda. Jadikanlah yogurt sebagai camilan anda setiap harinya untuk membantu melengkapi nutrisi bagi tulang anda.

3. Keju

Selain yogurt anda bisa menjadikan keju sebagai camilan tambahan yang patut untuk dimasukkan dalam daftar makanan anda setiap harinya. 1,5ons keju mengandung lebih dari 30% kalsium dan sedikit vitamin D yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Jadi anda bisa menyeling yogurt dan keju untuk dijadikan camilan harian untuk membantu tulang anda tetap kuat dan sehat.

4. Telur

Sebutir telur mengandung kurang lebih 6% vitamin D yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Saya memasukkan telur kedalam daftar makan yang menjaga kesehatan dan kekuatan tulang karena telur sangat mudah didapatkan. Vitamin D yang terkandung di dalam telur akan membantu proses penyerapan kalsium ke tulang anda.

5. Bayam

Dalam satu ikat bayam yang banyak dijual di pasar mengandung sekitar 25% dari kalsium yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Masukkan bayam ke dalam menu sayuran hijau favorit anda agar tulang anda bisa tetap sehat dan kuat. Selain kalsium bayam juga mengandung Vitamin A dan zat besi yang tentunya menyehatkan tubuh,

6. Salmon

Ikan salmon memiliki kandungan vitamin D yang lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh. Dengan mengomsumsi paling tidak 3ons daging ikan salmon setiap harinya maka 100% asupan vitamin D sudah masuk kedalam tubuh anda. Selain vitamin D ikan salmon juga dikenal dengan kandungan omega-3 yang baik untuk otak.

7. Ikan sarden

Ternyata ikan sarden memiliki kandungan nutrisi yang cukup berlimpat seperti protein, lipid, kalsium, zat besi, fosfor, kalium, natrium, dan seng. Sedangkan untuk vitamin ikan sarden mengandung vitamin B6, folat, vitamin B12, A, D, E dan K. Tulang membutuhkan kalsium dan vitamin D untuk menjaga kesehatanya yang sudah terkandung di dalam nutrisi yang dimiliki ikan sarden.

8. Ikan Tuna

Kandungan vitamin D di dalam 3ons ikan tuna mencukupi sekitar 39% pada tubuh setiap harinya. Selain dapat diolah menjadi banyak jenis makanan ikan tuna juga memilki rasa yang lezat. Makan enak dan mendapatkan nutrisi yang baik tentunya akan sangat menyenangkan.

9. Sawi hijau

Kandungan kalsium yang terdapat dalam sawi hijau sekitar 25% dari kebutuhan harian seseorang. Anda bisa menjadikan sayur sawi hijau sebagai pengganti jika anda bosan memakan bayam karena kandungan kalsium yang sama besarnya membantu tulang anda tetap sehat dan kuat.

Selamat mencoba dan jaga selalu kesesahatan anda!

No comments:

Post a Comment

Back To Top