Monday, January 9, 2017

Pengertian VPN Serta Fungsi VPN

/ 0 Komentar
Apa Itu VPN Serta Fungsi VPN

Apa itu VPN? VPN singkatan dari Virtual Private Network yang merupakan sebuah jaringan bersifat virtual yang memungkinkan anda terhubung ke internet secara privat melalui jalur khusus. Jika diterjemahkan secara gamblang dari kata Virtual Private Network, kita bisa mendapatkan Virtual yang berarti maya atau semu, Private yang berarti pribadi atau privasi, dan network yang berarti jaringan. Dengan tiga suku kata tersebut kita sudah bisa mengetahui apa itu VPN.

Fungsi VPN adalah untuk melindungi anda (user) saat terhubung ke internet dengan menjaga privasi dan keamanan dari koneksi anda. Dengan VPN anda bisa menggunakan IP yang berbeda dari IP asli anda, kata lainya VPN akan menyembunyikan IP asli anda. Dengan VPN anda juga bisa memanipulasi negara tempat anda terkoneksi ke internet. Contohnya anda saat ini sedang browsing dari Indonesia dan tentunya IP anda adalah IP dari negara Indonesia. Dengan VPN Anda bisa memberi perintah ke program VPN untuk membuat anda seolah terhubung dari Amerika atau negara - negara lain yang IP nya telah disediakan oleh pihak pengembang VPN tersebut. Karena VPN memiliki koneksi yang bersifat privat dan menggunakan enkripsi khusus serta didukung firewall, maka jalur yang anda gunakan saat terhubung ke internet pun akan lebih aman dan kecil kemungkinan untuk bisa di sadap oleh orang lain.

Bagaimana cara kerja VPN? VPN bekerja dengan cara mengolah data anda terlebih dahulu sebelum dkirim ke IP tujuan dan kemudian dikembalikan ke anda. Agar lebih jelas agar anda bisa memahami bagaimana cara kerja VPN saya akan buat contoh studi kasusnya.

Saya asumsikan anda telah memiliki dan mengaktifkan aplikasi atau program VPN yang telah diinstall di perangkat anda baik komputer, laptop, maupun smartphone. Jadi saat anda membuka browser dan mengakses sebuah website katakanlah google.com maka request anda ke google tidak langsung disampaikan dari IP pribadi anda. Server VPN akan mengolah data anda terlebih dahulu baru kemudian disampaikan ke google dan dikembalikan ke IP anda. Proses pengolahan data yang dilakukan oleh VPN seperti mengganti IP anda, menukar negara, dan lain sebagainya dilakukan di server VPN itu sendiri.

Mengapa orang menggunakanVPN? Ada beberapa alasan yang menyebabkan seaeorang menggunakan VPN ataupun wajib menggunakan VPN seperti untuk menyembunyikan alamat IP, mengamankan proses transaksi data, membuka konten yang di blokir, atau untuk mempercepat koneksi.

Banyak orang yang menggunakan VPN dan tak membatasi kalangan manapun untuk menggunakanya. Seperti perusahaan yang ingin pengiriman datanya tetap aman akan memilih menggunakan VPN yang memang tingkat keamananya lebih tinggi dibandingkan dengan jaringan publik. Atau seseorang yang ingin privasinya tidak terganggu saat menggunakan internet. Ada juga yang menggunakan VPN untuk membuka konten yang tidak bisa diaksea dari negaranya. Bahkan terkadang seseorang memilih menggunakan VPN karena kecepatan koneksi yang ditawarkan pihak VPN lebih cepat dibandingkan akses internet jaringan publik.

Bagaimana menggunakan VPN? Adapun cara menggunakan VPN tidaklah sulit dan siapapun saya rasa bisa menggunakanya. Untuk cara menggunakan VPN anda tinggal menginstall atau memasang aplikasi atau program VPN yang bisa anda dapatkan baik berbayar maupun gratis ke dalam device yang anda miliki. Setelah anda memasang atau menginstall aplikasinya anda tinggal membukanya dan pilihlah dari negara mana anda ingin mengakses internet. Setelah anda memilih negara yang anda inginkan anda bisa langsung menjalankan program VPN.

Saat ini sepertinya semua platform perangkat maupun OS-nya sudah mendukung penggunaan VPN. Baik itu komputer windows, linux, smartphone android, dan iOs. Para pengembang VPN telah merilis program VPN yang mereka kembangkan di hampir semua platform. Jadi apapun jenis perangkat dan gadget anda saat ini sudah bisa menikmati layanan VPN.

Kita telah membahas tentang apa itu VPN, fungsi VPN, cara kerja VPN, alasan menggunakan VPN, siapa saja yang menggunakan VPN, cara menggunakan VPN, dan platform yang mendukung VPN. Semoga artikel ini bisa menambah ilmu dan bermanfaat untuk anda.

Terimakasih!

No comments:

Post a Comment

Back To Top