Tuesday, January 3, 2017

Tips Sukses Mendaftar Google Adsense Agar Cepat Diterima

/ 0 Komentar
Tips Sukses Mendaftar Google Adsens

Berbicara tentang bisnis tak lengkap rasanya bila tidak membahas google adsense yang merupakan program CPC (cost per click) besutan google. Program google adsense didirikan pada Februari 2003 setelah google membeli pyra lab dan sebulan kemudian tepatnya pada 4 Maret 2003 program adsense resmi diumumkan oleh Erick Schmidt yang merupakan chairman dari perusahaan raksasa tersebut.

Seperti yang saya sebutkan tadi bahwa adsense adalah program PPC (pay per click) yang jika anda belum tahu apa itu CPC akan sedikit saya jelaskan. CPC adalah program dimana publisher akan dibayar jika pengunjung atau viewer meng-click iklan yang telah ditentukan oleh penyedia program CPC yang dipasang di website atau blog si publisher tersebut.

Untuk dapat menjadi publisher dari google adsense dan menghasilkan uang merupakan suatu hal yang susah - susah gampang. Saya katakan demikian karena tidak sedikit yang mendaftar untuk menjadi publisher google adsense akan tetapi gagal alias ditolak. Hal ini dikarenakan website atau blog yang di daftarkan tidak sesuai atau melanggar beberapa kebijakan yang telah ditetapkan oleh pihak google adsense. Untuk bisa menjadi seorang publisher google ada hal yang harus diterapkan pada website atau blog yang akan didaftarkan ke google adsense yang harus seseuai dengan kebijakan yang telah diterapkan oleh google adsense sendiri.

Bagaimana cara mendaftar di google adsense?

Untuk mendaftar menjadi seorang publisher anda harus memiliki akun google dan sebuah website atau blog. Jika dua hal tersebut sudah anda miliki sekarang tinggal masuk ke https://www.google.com/adsense/ dan klik tombol sign up. Kemudian klik tombol sign in untuk masuk ke akun google anda. Setelah anda berhasil masuk akun google maka anda akan dialihkan ke halaman yang meminta anda untuk mengisi data website atau blog yang akan anda daftarkan. Kemudian anda dapat mengisikan informasi tentang diri anda pada halaman berikutnya.

Setelah website anda berhasil didaftarkan anda tidak akan bisa langsung memasang iklan dari adsense pada website atau blog anda. Pihak adsense akan melakukan review terhadapat website atau blog anda yang mungkin akan memakan waktu beberapa hari. Jika blog anda memenuhi kriteria yang menjadi standar adsense maka and akan diterima sebagai publisher. Sebaliknya apabila blog anda melanggar aturan yang ditetapkan oleh adsense maka kesempatan and untuk mendapatkan uang dari adsense akan pupus.

Saya sendiri mengalami dua kali penolakan saat mengajukan blog ini ke google adsense, akan tetapi saya tidak menyerah dan akhirnya saat ketiga kalinya saya mendaftarkan blog ini pun diterima oleh google adsense. Saya akan memberikan sedikit tips yang mungkin membantu anda untuk bisa jadi referensi jika anda ingin menjadi publisher dari google adsense berdasarkan pengalaman penolakan yang saya alami.

Situs tidak seseuai dengan kebijakan google

Pertama kali saya ditolak bergabung menjadi publisher google adsense alasanya adalah kerana situs tidak sesuai dengan kebijakan google. Saat saya membaca email tentang penolakan tersebut terus terang ada rasa kecewa yang terbesit, akan tetapi saya tidak menyerah begitu saja. Saya baca alasan penolakan yang dilampirkan google pada email yang saya terima dan melakukan searching di google untuk mencari referensi tentang alasan penolakan yang saya alami dan alhasil saya menemukan beberapa artikel yang cukup membantu. Setelah saya teliti blog yang saya kelola dan membandingkanya dengan referensi - referensi yang saya baca, ternyata saya menemukan beberapa kesalahan yang memang benar adanya terdapat pada blog saya ini.

Ternyata blog yang ini tidak memiliki navigasi yang baik yang membuat pembaca menjadi sulit untuk mengeksplorasi keseluruhan isi atau kontenya. Saya pun berinisiatif mengganti template yang tadinya saya download secara dengan template yang saya buat sendiri tentunya dengan lebih memperhatikan soal navigasi tadi. Saya membuat navigasi yang benar - benar baik menurut saya dan salah satu hal yang menurut saya paling penting adalah harus responsive. Saya sertakan pula page seperti Home, Term of services, Disclaimer, Privacy policy, Contacts, dan Sitemap walaupun hal tersebut tidak begitu penting jika mendaftarkan google dengan akun hosted. Setelah semuanya saya anggap rampung barulah kemudian saya mencoba untuk mendaftarkan blog ini ke google adsense dengan harapan dapat di terima menjadi salah satu publishernya.

Akan tetapi semuanya tak sesuai harapan, empat hari kemudian saya kembali menerima email dari google yang berisikan penolakan akan tetapi dengan alasan yang berbeda.

Konten tidak memadai

Pahit memang rasanya kalau ditolak, akan tetapi saya masih tidak menyerah dan saya baca lagi alasan penolakan yang dilampirkan google pada emailnya. Saya telaah dan kembali mencari referensi di google dan akhirnya saya mengetahui apa yang jadi penyebab blog saya ditolak oleh google adsense dengan alasan konten tidak memadai ini. Ternyata google tidak suka dengan artikel yang mengandung terlalu banyak gambar, sedangkan blog saya ini tadinya penuh dengan gambar ilustrasi yang saya pakai untuk memperjelas tentang artikel tersebut. Saya cari artikel - artikel yang mengandung banyak gambar dan saya hapus gambar - gambar tersebut dan kembali mendaftarkanya ke google adsense.

Sambil menunggu email balasan dari google saya tetap mengupdate artikel - artikel saya di blog ini dan seminggu kemudian email dari google pun masuk. Senang sekali rasanya waktu membaca email tersebut berisikan bahwa saya telah diterima bergabung menjadi seorang publisher google adsense. Akhirnya perjuangan saya selama ini terbayarkan dengan sesuatu yang sangat manis menurut saya pada saat itu juga.

Jika anda tertarik untuk menjadi salah seorang publisher google adsense berikut ini saya akan memberikan sedikit tips tentang bagaimana cara agar dapat diterima oleh google adsense.

Template

Google menyukai template yang clean atau tidak memiliki banyak widget - widget tidak berguna yang hanya akan mengganggu pembaca. Selain clean pastikan juga template anda terasa ringan di web browser. Oleh karena itu kurangilah pemakain javascript atau jquery yang tidak terlalu penting.

Konten

Konten yang anda sajikan kepada pembaca tidak boleh konten yang anda copy atau comot bulat - bulat dan paste di blog anda. Perlu di ingat google sangat tidak suka dengan yang namanya copas atau plagiat. Konten anda harus asli anda ketik sendiri walaupun anda mengambil referensi dari blog - blog atau website lain. Dan ingatlah bahwa google adsense tidak menyukai artikel yang mengandung terlalu banyak gambar.

Navigasi

Seperti penolakan yang saya alami karena masalah navigasi tadi navigasi sebuah blog yang akan anda daftarkan ke google adsense haruslah baik dan responsive tentunya. Hal tersebut akan memudahkan para pembaca untuk melakukan eksploarasi ke seluruh konten blog anda.

Widget

Pasanglah widget yang pendukung seperti popular post, Arsip, Label, dan profil G+ anda. Banyak yang menyarankan untuk memasang widget yang saya sebutkan tadi sebelum mendaftar ke google adsense.

Baca kebijakan google

Anda bisa membaca tentang kebijakan - kebijakan yang diterapkan oleh adsense di https://support.google.com/adsense/. Pahami semua poin dan terapkanlah pada blog anda dan mudah - mudahan perjalanan anda mendaftar ke google adsense akan lebih mulus.

Demikian sedikit ulasan saya tentang google adsense, semoga bisa jadi referensi yang baik untuk anda, Terimakasih!

No comments:

Post a Comment

Back To Top