Wednesday, July 20, 2016

Ketahui Ini Sebelum Membeli Smartphone!

/ 0 Komentar
smartphpone


Jika anda berniat untuk membeli smartphone baru sebaiknya anda tanyakan hal ini pada dirinanda  sebelum membelinya. Apakah anda tahu apa yang ada di balik smartphone-smartphone yang anda gunakan? Apakah smartphone yang anda gunakan sesuai dengan kriteria dan kebutuhan anda? Jika belum sebaiknya anda baca artikel ini. Karena di sini saya akan menjelaskan sedikit bagaimana cara memilih smartphone yang tepat untuk anda dan sesuai dengan kebutuhan anda.

Processor

Processor adalah otak dari sebuah sistem yang mengatur berjalanya mekanisme dari sebuah sistem. Oleh karena itu peran dari processor ini sangatlah vital dan penting guna menjaga sebuah sistem berjalan sebagaimana mestinya. Dan processor pula lah salah satu komponen yang paling menentukan kecepatan atau performa dari sebuah smartphone. Karena kinerjanya yang begitu penting, maka processor merupakan komponen yang paling cepat panas diantara komponen lainya.

Untuk itu sebelum kita membeli sebuah smartphone, ada baiknya kita lakukan pengecekan terhadap perangkat yang akan kita beli. Pertama periksa terlebih dahulu berapa core yang dimiliki oleh processor tersebut. Core sendiri merupakan sebuah elemen yang terdapat dalam sebuah processor yang membaca dan mengeksekusi perintah-perintah yang diberikan oleh sistem. Coba anda cek apakah processor dari smartphone yang anda beli single-core (core-tunggal), dual-core (dua-core), quad-core (empat-core), hexa-core (enam-core), atau octa-core (delapan-core). Semakin tinggi angka core-nya maka akan semakin cepat processor dalam mengeksekusi perintah-perintah dari sistem dan semakin cepat pula smartphone saat anda gunakan. Akan tetapi semakin besar core akan semakin mahal pula harganya.

Saran dari saya belilah smartphone dengan processor yang sesuai dengan kebutuhan anda. Tapi jika anda memiliki keuangan yang berlebih, maka tidak ada salahnya juga membeli smartphone dengan processor yang memiliki core tinggi.

RAM

RAM atau random akses memory merupakan perangkat yang bekerja untuk menyimpan data sementara dan mengirimkanya kepada processor untuk diolah dan disampaikan kepada user baik secara audio atau visual. Oleh karena itu RAM juga merupakan salah satu komponen yang penting bagi performa sebuah smartphone. Semakin besar kapasitas RAM sebuah smartphone, akan lebih baik juga performa dari smartphone tersebut. Tapi akan percuma juga apabila anda memiliki RAM yang besar namun processor yang digunakan tipe rendah. Hal ini akan menyebabkan smartphone anda tidak berjalan dengan baik. Oleh karena itu antara RAM dan processor haruslah seimbang agar kinerja smartphone anda pun sempurna.

Memory internal

Memory internal adalah komponen yang berguna untuk menampung sistem operasi dan file-file anda. Semakin besar kapasitas memory, maka akan semakin banyak file yang bisa ditampungnya. Memory internal juga berpengaruh terhadap performa sebuah smartphone dikarenakan sebuah sistem operasi membutuhkan volume kosong di dalam memory internal untuk beroperasi. Paling tidak minimal 20% dari kapasitas memory internal haruslah kosong agar sistem operasi smartphone anda bisa berjalan dengan baik.

GPU (graphic processor unit)

GPU dapat juga dikatakan sebagai sebuah processor tambahan yang mendukung CPU dalam memproses data. Pekerjaan GPU adalah mengkalkulasi banyak data dalam satu waktu terutama data grafis. Sama halnya dengan processor, GPU juga memiliki core-core akan tetapi jumlahnya lebih banyak dibandingkan processor. Kalau core pada processor paling banyak adalah delapan core (untuk saat ini), maka GPU memiliki sampai ribuan core di dalamnya. Sama seperti processor, semakin besar jumlah core-nya maka akan semakin cepat performanya.

Baterai

Tentunya kita menginginkan smartphone kita tahan lama saat digunakan. Dan ketahanan daya dari sebuah smartphone tentu saja ditentukan oleh baterai. Kekuatan baterai menampung daya diukur dengan satuan mAh. Semakin besar angkanya maka akan semakin banyak pula sebuah baterai menampung daya.

Kamera

Kamera adalah komponen yang penting bagi orang yang suka mengabadikan momen-momen dalam keseharianya. Ini adalah senjata utama untuk exis di dunia maya atau media sosial. Resolusi kamera biasanya dihitung dengan satuan megapixel (MP). Semakin besar angkanya semakin baik juga resolusi yang dapat ditangkapnya.

Jadi mulai sekarang sebelum anda membeli sebuah smartphone sebaiknya anda bandingkan terlebih dahulu poin-poin diatas. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.

No comments:

Post a Comment

Back To Top