Tuesday, July 19, 2016

Tips Mengatasi Smartphone Android Lemot

/ 0 Komentar
android lemot


Saat smartphone anda baru keluar dari kotak pasti lah memiliki performa terbaiknya. Tapi semakin hari dan semakin lama performa smartphone anda akan menurun. Hal ini tentunya membuat anda menjadi jengkel bahkan ingin dibanting saja rasanya. Ini memang kerap terjadi kepada banyak pengguna smartphone baik android ataupun ios.

Apalagi pada era modern seperti saat ini yang merupakan era dimana smartphone sudah menjadi kebutuhan penting bagi sebagian manusia. Saat ini smartphone tidak digunakan hanya untuk sekedar ber-socmed atau bermain game. Bagi sebagian orang smartphone merupakan alat utama untuk menjalankan bisnisnya. Tentu saja kalau performa smartphone menurun akan sangat mengganggu dan bisa saja merugikan secara finansial.

Lemotnya sebuah smartphone pada umumnya disebabkan oleh dua faktor. Faktor tersebut adalah hardware dan software. Hardware adalah perangkat keras yang berada di dalam smartphone seperti memory, cpu, baterai, dll. Sedangkan software contohnya seperti aplikasi atau os dari smartphone itu sendiri. Tapi kali ini kita hanya akan membahas masalah di software saja.

Kalau anda salah satu korban yang smartphone-nya lemot, maka anda harus membaca beberapa tips di bawah ini.

Memeriksa dan membersihkan kapasitas memory internal

Sebuah smartphone tidak akan bisa berjalan tanpa adanya memory di dalamnya. Memory ini berguna untuk menampung semua file-file yang di simpan kedalamnya. Sistem operasi smartphone seperti android membutuhkan paling tidak 20% dari kapasitas penuh memory. Oleh karena itu jika memory smartphone anda melebihi 80% dari kapasitas penuhnya, maka smartphone anda akan kehilangan performanya dan jadi melambat. Untuk mencegah hal tersebut terjadi atau memang sudah terjadi kepada smartphone anda, maka hal-hal berikut ini yang harus anda lakukan.

  1. Cek dan apakah memory anda yang terpakai lebih dari 80%.
  2. Backup file-file besar ke dalam pc atau laptop anda.
  3. Uninstall aplikasi yang tidak dibutuhkan.
  4. Bersihkan cache dan junk file.

Hapus aplikasi yang banyak memakan RAM

RAM merupakan sebuah komponen dalam smartphone yang berpengaruh besar terhadap performa. RAM ini lah yang memproses setiap aplikasi yang berjalan pada sebuah smartphone hingga fungsi dan tampilanya dapat tervisualkan kepada user. Jika anda ingin menggunakan aplikasi yang memakan banyak RAM seperti game-game berat, maka sangat disarankan pula anda harus memiliki smartphone dengan kapasitas RAM yang besar. Oleh karena itu sebelum anda mengunduh aplikasi atau game ada baiknya untuk terlebih dahulu memeriksa spesifikasi dari aplikasi tersebut apakah sesuai dengan RAM anda.

Install aplikasi di memory eksternal

Jika poin di atas tidak sesuai dengan anda, atau dengan kata lain anda memang harus menggunakan aplikasi tersebut, maka anda bisa memindahkan aplikasi tersebut ke dalam nemory eksternal. Ini akan menjaga memory internal kita tetap bersih dan terhindar dari lemot.

Hindari penggunaan live wallpaper dan screen saver

Memang dengan live wallpaper dan screen saver smartphone kita akan terlihat lebih menarik. Akan tetapi ada dampak negatif yang mungkin akan terjadi. Oleh karena itu sebisa mungkin hindari penggunaan live wallpaper dan screen saver, cukup menggunakan wallpaper statis saja.

Penggunaan widget yang berlebihan

Widget memang mempermudah kita untuk masuk atau menjalankan sebuah aplikasi tanpa harus membuka menu dan mencari aplikasi lagi. Akan tetapi penggunaan widget yang terlalu banyak di home screen justru akan memperlambat performa smartphone android kita.

Menghapus history chat

Dengan menghapus history chat seperti BBM, WA, LINE, SMS, dll maka akan memberikan ruang lebih kepada memory internal kita. Ini akan cukup membantu menghindari penurunan performa pada smartphone android kita.

Factory reset

Cara terakhir apabila semua cara di atas tidak berhasil adalah dengan factory reset. Ini akan mengembalikan smartphone android anda dalam keadaan seperti baru keluar dari pabrik alias baru. Akan tetapi factory reset akan nenghapus semua aplikasi, data, contact, dan seluruh file-file anda. Untuk itu sebelum melakukan factory reset sebaiknya anda backup terlebih dahulu data-data dan file penting anda. untuk tcara melakukan factory reset silahkan klik di sini.

Sekian artikel ini saya tulis, semoga dapat membantu. Kritik dan saran sangat diharapkan demi perkembangan blog ini kedepanya.

No comments:

Post a Comment

Back To Top