Wednesday, December 7, 2016

7 kebiasaan paling buruk penyebab badan cepat gemuk

/ 0 Komentar
obesitas

Memiliki berat badan yang berlebihan terkadang memang sangat menyiksa baik secara fisik maupun mental. Badan yang gemuk sering membuat seseorang susah untuk bergerak, lebih cepet letih, ataupun minder. Terkadang ada juga orang yang berkata kalau gemuk itu sehat, akan tetapi kenyataanya sangatlah bertolak belakang. Kegemukan justru dapat mendatangkan banyak penyakit seperti diabetes, serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan masih banyak lagi penyakit yang bisa datang dikarenakan berat badan yang berlebihan.

Tapi apakah anda tahu mengapa seseorang bisa memiliki berat badan yang berlebihan bahkan obesitas. Dsisni saya akan membahas bebarapa alasan dan kebiasaan yang bisa menyebabkan seseorang menjadi gemuk guna menjadi referensi agar kita tidak mengalami hal tersebut.

1. Kebiasaan makan di tengah malam atau sebelum tidur

makan tengah malam

Memang rasanya sangat nikmat dan enak kalau ditengah malam kita mengudap sesuatu untuk mengisi perut. Tapi apakah anda tahu kalau kebiasaan buruk tersebut adalah pemicu paling cepat naiknya berat badan anda? Hal ini disebabkan dimalam hari seseorang pastilah lebih sedikit menggunakan energi dibandingkan di siang hari. Maka kalori yang masuk dimalam hari tidak akan sepenuhnya terbakar dan menumpuk menjadi lemak. Jika anda rutin makan di tengah malam atau makan sebelum tidur maka semakin hari badan anda akan bertambah beratnya. Jadi usahakanlah untuk tidak makan di tengah malam atau makanlah paling tidak 5 atau 6 jam sebelum anda tidur.

2. Kurang tidur

ngantuk

Kurangnya tidur dimalam hari akan menyebabkan hormon yang mengontrol nafsu makan anda menjadi semakin meningkat dan akan memberi pengaruh kepada anda untuk mengudap sesuatu. Makanan yang masuk tidak akan tercerna dengan baik dan hanya akan menjadi lemak yang akan semakin menumpuk di dalam tubuh anda. Lambat laun badan anda akan bertambah dan jika diteruskan tidak menutup anda akan menjadi obesitas.

3. Stres yang berlebihan

stres

Jika anda mengira stres akan membuat semua orang yang mengalaminya menjadi kurus kering maka anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Ada sebuah hormon dalam tubuh yang bernama kortisol yang akan membuat nafsu makan anda semakin meningkat dan menjadi-jadi. Hal ini lah yang menyebabkan terkadang seseorang memiliki nafsu makan yangsangat fantastis dan tidak berhenti-berhenti makan disaat mereka stres.

4. Hobi makanan berkalori tinggi

kalori

Seperti yang diketahui bahwa kalori adalah zat yang memberikan energi kepada tubuh akan tetapi terlalu banyak kalori akan berdampak negatif jika tidak diimbangi dengan tenaga yang keluar. Kalori yang harusnya menjadi sumber tenaga justru akan menjadi lemak dan menumpuk di dalam tubuh anda. Kebiasaan buruk mengkonsumsi terlalu banyak kalori sepertinya banyak dilakukan oleh orang indonesia yang hobi makan mie instan dengan nasi.

5. Hobi makanan dan minuman manis

makanan manis

Makanan dan minuman yang manis mengandung banyak glukosa dan kalori yang seperti telah kita ketahui glukosa dan kalori adalah sahabat dekat dari kegemukan. Oleh karena itu sangat disarankan untuk menghindari atau konsumsilah makan dan minuman manis secukupnya atau jangan berlebihan.

6. Jarang olahraga atau berkeringat

olahraga

Keringat fungsinya adalah untuk mendinginkan suhu tubuh yang panas akibat kegiatan fisik yang menyebabkan suhu dalam tubuh menjadi meningkat. Keringat yang keluar juga membawa zat yang tidak baik bagi tubuh, jadi berkeringat itu sehat dengan catatan keringat yang keluar dikarenakan aktivitas tubuh bukan oleh penyakit. Keringat keluar akan membawa racun dan membakar kalori yang ada di dalam tubuh anda dan secara otomatis akan menjaga berat badan anda agar tetap ideal.

7. Pola makan yang tidak teratur

jam

Pola makan yang tidak beraturan adalah salah satu hal yang bisa menyebabkan bertambahnya berat badan seseorang. Hal ini dikarenakan jika anda makan lewat dari jam yang sudah seharusnya anda akan merasakan kelaparan yang berlebihan. Hal tersebut akan mendorong anda untuk makan lebih banyak dari porsi normal seseorang dan sudah pasti berat badan anda akan lebih cepat bertambah.

Nah itu tadi 7 hal yang bisa menaikkan berat badan secara ekstrim dan semoga saja kebiasaan-kebiasaan diatas tidak pernah anda lakukan. Akan tetapi apabila salah satu dari 7 hal diatas merupakan salah satu kebiasaan anda sebaiknya hentikanlah kebiasaan buruk tersebut.

No comments:

Post a Comment

Back To Top