Thursday, December 22, 2016

Tips Agar Tetap Aman Berbelanja Online

/ 0 Komentar
Tips aman berbelanja online

Shopping atau berbelanja bisa dikatakan sebagai kebutuhan, akan tetapi terkadang bisa saja berubah menjadi hobi khususnya bagi kaum hawa. Seringkali dijumpai ibu - ibu ataupun para remaja putri yang berbondong - bondong menuju pusat perbelanjaan dikarenakan terpampangnya banner yang bertuliskan diskon. Mereka mengaku mendapatkan kepuasan tersendiri saat berhasil membeli barang incaran mereka dengan harga yang miring.

Akan tetapi di era digital seperti saat ini berbelanja pun bisa dilkakukan dari rumah yang pastinys akan menghemat waktu anda serta tidak bikin capek. Sangat banyak toko - toko online yang bisa anda temukan hanya dengan membuka gadget dan barang yang anda inginkan pun akan dikirim langsung ke alamat rumah anda. Banyak yang menilai berbelanja online lebih efisien dibandingkan berbelanja langsung ke pusat perbelanjaan. Alasanya adalah hanya dengan duduk manis di rumah tanpa harus capek dan lebih menghemat waktu, barang yang di inginkan pun bisa sampai dirumah.

Akan tetapi ada beberapa aspek yang harus diperhatikan saat berbelanja online. Hal tersebut mencakup masalah keamanan dan kualitas produk yang akan anda terima. Berikut ini adalah beberapa tips aman berbelanja online.

Reputasi toko online

Sebisa mungkin ketahuilah reputasi online shop yang anda kunjungj jika anda ingin berbelanja online dengan aman. Sebenarnya sangat mudah cara untuk mengetahui reputasi dari sebuah online shop atau toko online. Jika anda sering mendengar nama toko online tersebut, dan iklan tentang online shop tersebut sering anda lihat di televisi, mudah - mudahan toko online tersebut aman untuk anda.

Bar hijau

Perhatikanlah domain dari toko online yang anda kunjungi sebelum membeli barang daganganya. Pastikan diawal domain toko online tersebut terpampang bar hijau dan HTTPS. Domain yang menggunakan HTTPS akan lebih aman dibandingkan domain yang hanya menggunakan HTTP.

Jaringan aman

Untuk berbelanja online online tentu saja anda memerlukan koneksi yanh terhubung ke gadget atau perangkat anda. Agar berbelanja online lebih aman, pastikanlah koneksi anda dalam keadaan aman sehingga kemungkinan terjadinya penyadapan sama dengan nol. Usahakanlah menggunakan koneksi pribadi yang orang lain tidak bisa membaur di dalamnya jika anda ingin tetap aman berbelanja online.

Gadget aman

Pastikan gadget atau perangkat yang anda gunakan aman dari segala macam bentuk virus. Virus terkadang bisa membawa trojan yang dapa mengirimkan aktivitas anda kepada si pemilik virus tersebut. Pasanglah antivirus di gadget atau perangkat anda dan usahakan jangan pernah melakukan transaksi di keuangan di warnet.

Review produk

Sebelum anda memutuskan untuk membeli barang di toko online, sebaiknya anda cek terlebih dahulu review dan rating barang tersebut. Bacalah review apakah ada costumer yang merasa tidak puas terhadap barang tersebut atau sebaliknya. Perhatikan rating barang tersebut apakah tinggi atau malah rendah. Hal ini dilakukan agar anda tidak kecewa saat barang telah sampai dirumah, karena tak jarang foto yang dipajang di toko online tidak sesuai dengan barang yang datang.

Cek komplain

Sebelum anda memutuskan untuk membeli sebuah produk dari toko online, sebaiknya anda cek terlebih dahulu tentang komplain pelanggan. Anda bisa mencarinya di search engine seperti google atau di media sosial. Jika banyk komplain yang keluar dari opini para netizen, sebaiknya anda urungkan niat untuk berbelanja di toko online tersebut.

Costumer service

Pastikan toko online yang anda kunjungi memiliki costumer services yang bisa membantu anda dalam hal komplain atau menanyakan hal - hal lainya. Anda juga bisa meminta kepada costumer service untuk membatalkan pesanan anda seandainya saja anda ternyata salah membeli barang.

Happy shopping and be safe!

No comments:

Post a Comment

Back To Top