Wednesday, December 21, 2016

Cara Terbaik Untuk Meningkatkan Kemampuan Dan Kecerdasan Otak

/ 0 Komentar
Cara Meningkatkan Kemampuan Dan Kinerja Otak

Otak adalah pusat kendali dari sebuah organisme kehidupan yang mengatur segala sesuatu seperti gerakan, perilaku, bahkan detak jantung pun diatur oleh otak. Bahkan jika otak mengalami cidera tak jarang seluruh tubuh pun akan merasakanya bahkan ada kasus dimana seseorang lumpuh dikarenakan cidera yang dialami oleh otak.

Kecerdasan atau IQ yang dimiliki oleh seseorang merupakan implementasi dari otak yang ada di dalam kepalanya. Semakin bagus otak seseorang maka akan semakin cerdas pula orang tersebut bahkan seseorang mendapatkan predikat jenius semua itu berasal dari otaknya.

Menurut penelitian dari para ahli manusia saat ini hanya menggunakan 10% dari keseluruhan fungsi otaknya. Sangat mencengangkan tentunya mengingat kemajuan umat manusia saat ini sangatlah pesat dan canggih. Dan ada juga yang berpendapat jika seseorang bisa menambah persentase angka dari fungsi otaknya walaupun hanya 1% maka orang tersebut dapat dikatakan jenius.

Jika anda tertarik untuk lebih mencerdaskan otak anda maka ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan otak.

Sering melatih otak

Melatih otak akan mendorong otak anda untuk bekerja pada performa maksimalnya yang fungsinya agar saraf yang ada di dalam otak akan berkembang dan menjadi lebih kuat. Selain mengembangkan sel saraf, latihan pada otak akan turut menyehatkan otak dan melindunginya dari berbagai kerusakan yang mungkin terjadi. Semakin sering anda melatih otak maka akan semakin bagus pula performa yang bisa dijalanka oleh otak. Semakin bagus performa otak maka akan semakin cerdas pula si pemilik otak tersebut. Oleh karena itu usahakan sesering mungkin anda melakukan latihan terhadap otak anda dengan cara memecahkan teka -teki atau dengan brain games akan membantu otak anda tetap tajam.

Konsumsi makanan yang menyehatkan otak

Makanan yang mengandung nutrisi seperti omega 3, protein, dan vitamin akan membantu otak anda agar tetap sehat dan tajam serta dapat meningkatkan kinerja atau kemampuan. Anda bisa mendapatkan makanan dengan asupan omega 3 dari ikan serta protein - protein yang terkandung didalamnya. Sedangkan vitamin bisa anda dapatkan dari berbagai jenis buah - buahan yang jika semua nutrisi tersebut terpenuhi akan membantu mempertahankan daya ingat dan menjaga otak anda agar tetap cerdas dan tajam.

Mencoba hal baru yang belum pernah anda lakukan

Dengan mencoba hal - hal yang baru akan merangsang otak anda untuk tetap belajar tentang hal - hal yang belum pernah terekam dalam memori. Hal ini akan melatih otak anda tetap kuat dan mempertahankan kecerdasanya. Semakin sering anda melakukan hal - hal yang baru maka akan semakin sering pula otak anda terangsang.

Mendengarkan musik

Seperti yang kita ketahui bahwa musik dapat memberikan efek perubahan mood terhadap orang yang mendengarkanya. Hal tersebut adalah bukti nyata bahwa musik memiliki efek langsung terhadap otak manusia. Menurut penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa musik memberi dampak atau efek langsung terhadap bagian - bagian otak yang memiliki tanggung jawab dalam aspek memori dan visual. Menurut dr. Victoria yang merupakan psikolog asal london menyatakan bahwa mendengar musik mempengaruhi reaksi yang sangat luas di dalam otak, musik dapat membangkitkan atau mengaktifkan saraf - saraf yang ada di dalam otak. Dan musik yang paling bagus untuk meningkatkan kemampuan dan kinerja otak adalah musik klasik.

Tidur yang cukup

Layaknya mesin yang terus bekerja, otak juga membutuhkan istirahat untuk dapat kembali bekerja optimal di keesokan harinya. Disaat tidur otak akan memperbaiki diri dan mengisi kembali senyawa - senyawa kimia yang terkuras dikarenakan aktivitas yang telah dilakukan sebelumnya. Sebagai contoh jika anda kurang tidur maka tubuh anda akan terasa lebih lesu dan daya ingat pun serasa menurun. Hal ini dikarenakan otak tidak mendapatkan asupan energi yang cukup untuk dapat bekerja optimal.

Selalu berpikir positif

Gadget yang sedang anda pegang saat ini jika kapasitas memori yang dipasang di dalamnya penuh maka kinerjanya pun akan menurun. Begitu juga otak manusia, jika kapasitasnya over maka akan mengganggu kinerjanya. Oleh karena itu isilah memori otak anda dengan hal - hal yang positif dan bermanfaat.

Hindari stres

Stres dapat memicu terlepasnya hormon kortisol yang akan berdampak negatif secara langsung terhadap hippocampus. Hippocampus adalah bagian dari otak yang mengatur memori, kemampuan berpikir, belajar, dan emosi. Lepasnya hormon kartisol dan mempengaruhi hippocampus akan membuat otak anda mengecil dan membunuh sel - sel saraf otak serta menghambatnya untuk beregenerasi. Hal tersebut akan mengganggu kinerja otak sehingga tidak bisa mendapatkan performa yang optimal. Oleh karena itu sebisa mungkin hindarilah stres jika anda ingin meningkatkan kemampuan dan kinerja otak anda.

Think Smart!

No comments:

Post a Comment

Back To Top