Tuesday, November 15, 2016

7 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Tubuh

/ 0 Komentar
Kopi

Kopi merupakan minuman yang digemari oleh banyak kalangan baik dari mahasiswa, pekerja, pengusaha, bahkan pejabat sekalipun hobi menyeruput si hitam ini. Apalagi kalau seseorang sudah dikatakan pecandu kopi, maka hari akan terasa seperti ada yang kurang tanpa menikmati secangkir kopi. Ternyata kepopuleran kopi bukanlah tanpa alasan atau hanya karena rasanya saja yang membuat kopi menjadi minuman yang digandrungi oleh banyak orang. Dibalik kepopuleranya kopi ternyata menyimpan khasiat yang baik untuk tubuh kita.

Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat kopi bagi tubuh.

1. Meningkatkan stamina tubuh dan konsentrasi

Kebanyakan orang akan meminum segelas kopi apabila merasa ngantuk akan tetapi masih ada sesuatu hal yang harus dikerjakan dan memaksanya untuk tetap terjaga. Memang kopi dapat memberikan efek terjaga pada pada otak dan memberikan stamina ekstra pada tubuh. Hal ini dikarenakan kafein yang terkandung di dalam kopi menekan atau memperlambat adenosin yang merupakan sel yang menyebabkan rasa kantuk atau rasa ingin tidur pada seseorang. Semakin tinggi kadar kafein yang masuk akan menekan adenosin lebih lama dan menyebabkan seaeorang bisa terjaga lebih lama pula. Selain meningkatkan stamina, kopi juga bisa meningkatkan konsentrasi pada otak. Akan tetapi kita juga harus mengingat batasan dalam mengkonsumsi kafein ke dalam tubuh, karena suatu hal yang berlebihan pun akan memiliki dampak yang negatif.

2. Mencegah diabetes

Kopi memang bisa mencegah resiko seseorang terkena diabetes apabila kopi dikonsumsi tanpa gula. Polifenol dan asam klorogenik akan mengontrol gula dan insulin dalam tubuh yang merupakan penyebab utama dari diabetes.

3. Mencegah terkena kanker

Antioksidan yang terkandung dalam kopi akan membantu menekan sel kanker untuk berkembang dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi kopi secara rutin akan membantu tubuh anda terserang kanker.

4. Mencegah terkena alzheimer

Alzheimer adalah penyakit yang menyerang bagian saraf otak yang menyebabkan seseorang sering lupa sesuatu yang bahkan baru dikatakanya. Seperti yang sudah banyak dijelaskan, kopi adalah salah satu yang bisa menjaga kesehatan saraf.

5. Mencegah terkena parkinson

Sama halnya dengan alzheimer parkinson adalah penyakit yang menyerang bagian saraf otak. Dan kopi dipercaya bisa menekan resiko seseorang terkena parkinson.

6. Mencegah penyakit jantung, hati, dan stroke

Kopi dipercaya memiliki kandungan yang bisa mencegah dan memperkecil resiko terkena penyakit jantung, hati, dan stroke. Studi di korea menyatakan bahwa orang dewasa yang meminum kopi 3 sampai 5 gelas sehari beresiko lebih rendah dalam pengendapan kalsium di dalam arteri yang bisa menyebabkan serangan jantung. Dan seperti studi yang dilakukan di University Of Southampton menyatakan pria dan wanita yang meminum 2 gelas kopi setiap harinya hampir tidak ada yang mengalami sirosis hati. American Journal Of Epidemiology juga menyatakan jika mengkonsumsi 3 sampai 4 gelas kopi setiap harinya akan memperlancar peredaran darah dari tubuh ke otak karena kandungan antioksidan yang terdapat di dalam kopi. Hal ini akan menjaga tubuh seseorang terhindar dari serangan stroke.

7. Mencegah penyakit mulut

Ternyata kopi juga memiliki sifat anti bakteri yang cukup tinggi yang akan menekan pertumbuhan bakteri dan kuman di dalam mulut. Karena penekanan bakteri di dalam mulut, besar kemungkinan kopi akan mencegah seaeorang terkena kanker mulut.

Semoga tujuh manfaat kopi di atas bisa mengubah presepsi anda tentang kopi. Yuk ngopi bareng!!!


No comments:

Post a Comment

Back To Top