Monday, November 14, 2016

8 Tips Cara Menghemat Listrik

/ 0 Komentar
Led

Apakah anda pernah kaget saat melihat tagihan listrik yang meledak dan diluar perkiraan atau anggaran anda? Pastinya hal ini sangatlah menjengkelkan dan tentu saja mengurangi anggaran bulanan. Hal ini bisa terjadi karena naiknya Tarif Daftar Listrik (TLD) yang mungkin tidak kita ketahui. Kalau sudah begini tentu saja hal yang paling tepat dilakukan adalah dengan lebih menghemat pemakaian listrik.

Kali ini saya akan memberikan sedikit tips bagaimana caranya memghemat listrik anda agar tagihanya tidak membengkak.

1. Cabut steker/colokan dari saklar apabila tidak dibutuhkan

Jangan dibiasakan membiarkan steker tetap tercolok di saklar apabila perangkat elektronik anda dalam keadaan off atau sedang tidak digunakan. Jika dibiarkan tertancap maka listrik akan tetap mengalirkan daya ke perangkat elektronik anda yang membuat listrik akan terbuang sia-sia.

2. Beralih ke lampu LED

Lampu jenis LED jauh lebih hemat dibandingkan dengan jenis lampu lainya. Selain hemat energi listrik lampu LED juga lebih terang, tidak panas dan lebih tahan lama. Oleh karena itu sangat disarankan kepada anda untuk mengganti keseluruhan lampu di rumah anda ke lampu LED.

3. Pakai lampu seperlunya saja

Jika lampu rumah anda sudah beralih ke lampe LED maka akan lebih baik lagi apabila anda bisa mengontrol penggunaaan lampu agar dipakai seperlunya saja. Di siang hari sebaiknya bukalah gorden anda dan biarkan sinar matahari memasuki rumah anda. Selain menghemat listrik hal ini akan lebih menyehatkan juga tentunya.

4. Pakai AC seperlunya saja

AC adalah salah satu perangkat elektronik yang memakan daya listrik yang tergolong besar. Karenanya sebisa mungkin pakailah AC seperlunya saja, jangan biarkan tetap hidup jika tidak perlu dalam jangka panjang.

5. Beralih ke TV LED

Sama halnya dengan lampu TV LED juga lebih hemat mengkonsumsi listri dibandingkan jenis TV tabung atau LCD. Karena itu gantilah TV anda ke LED, selain hemat listrik modelnya juga lebih slim dan lebih elegan dibandingkan jenis TV lainya.

6. Manfaatkan matahari daripada menggunakan mesin pengering

Akan lebih hemat jika anda memanfaatkan matahari untuk mengeringkan pakaian dibandingkan dengan alat pengering mesin cuci yang memakan daya listrik. Gunakanlah mesin pengering anda hanya disaat cuaca mendung.

7. Gunakan air panas untuk memasak nasi di rice cooker

Dengan bantuan air panas maka proses memasak nasi di dalam rice cooker akan lebih cepat dibandingkan dengan air biasa. Semakin cepat proses memasak maka akan semakin hemat pula listrik yang akan dikonsumsi oleh rice cooker.

8. Panaskan air menggunakan kompor daripada dispenser

Daripada menggunakan dispenser yang memakan daya listrik, akan lebih baik kita memasak air sendiri menggunakan kompor. Bahkan dengan kompor air akan mendidih 100 derajat dan lebih sempurna membunuh kuman dibandingkan dispenser.

Semoga delapan tips di atas bisa membantu anda untuk menghemat listrik dirumah.

No comments:

Post a Comment

Back To Top