Wednesday, November 16, 2016

7 Tips Menjaga Kualitas Tidur Anda

/ 0 Komentar
alarm
Tidur adalah salah satu rutinitas yang wajib dilakukan semua orang setiap harinya untuk menjaga kestabilan tubuh. Kurang tidur dapat memberikan efek yang tidak baik pada diri kita baik secara fisik ataupun mental. Saat seseorang kurang tidur daya ingatnya pun akan lebih lambat, sudah berkonsentrasi, kurang bergairah, malas, dan masih banyak efek negatif yang bisa ditimbulkan akibat kurang tidur. Bagaimana cara mengatasi hal negatif tersebut adalah dengan tidur yang cukup serta tidur yang berkualitas.

Dengan tidur kita bisa memulihkan energi yang terkuras setiap harinya karena rutinitas yang kita lakukan. Tapi pemulihan energi tersebut ada kalanya tidak sempurna dikarenakan faktor - faktor atau pola hidup kita yang mungkin kurang baik. Jadi bagaimana agar pemulihan energi tersebut bisa sempurna? Nah berikut ini akan kita bahas bagaimana agar tidur bisa lebih berkualitas agar pemulihan energi menjadi lebih sempurna.

1. Atur waktu tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya

Dengan siklus tidur yang teratur akan membuat tidur anda lebih berkualitas dan badan anda akan terasa lebih segar saat bangun. Jadi tetapkanlah waktu tidur anda dan kapan anda harus bangun secara konsisten setiap harinya walaupun di hari libur. Dengan kebiasaan tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari maka anda tidak memerlukan jam weker yang berisik untuk membangunkan anda dari tidur. Badan akan terasa lebih fresh apabila anda terbangun secara alami karena waktu tidur anda memang telah cukup dibandingkan jika anda terbangun karena suara berisik jam weker.

2. Perhatikan apa yang anda makan dan minum sebelum tidur

Paling tidak tiga sampai enam jam sebelum tidur janganlah mengkonsumsi kafein yang seperti kita tahu dapat memberikan efek terjaga pada tubuh kita. Hindari semua makanan yang mengandung kafein seperti kopi, teh, coklat, dll. Akan tetapi anda juga tidak diperbolehkan tidur dalam keadaan perut yang kosong. Hal ini justru akan membuat anda jadi lebih susah tidur karena perasaan lapar yang melanda.

3. Ritual sebelum tidur

Lakukanlah ritual atau suatu kebiasaan rutin setiap hari sebelum anda tidurseperti senam ringan, memijat bagian tubuh, berdo'a, dll. Jika hal ini rutin dilakukan sebelum tidur akan membuat sensor yang mengirimkan sinyal ke otak dan memberitahu sudah saatnya anda untuk tidur. Hal tersebut akan memberikan efek tidur yang lebih berkualitas bagi tidur anda.

4. Ruangan tidur yang nyaman

Ubahlah ruangan tidur anda senyaman mungkin agar diri anda pun merasa nyaman saat berada di ruangan tidur anda. Atur tata letak serapih mungkin dan usahakanlah ruangan tidur anda bersih dan higienis. Hal tersebut akan sangat membantu anda agar tidur anda bisa lebih berkualitas.

5. Hindari tidur - tiduran

Tidur - tiduran akan mengganggu pola tidur anda menjadi tidur yang berkualitas dikarenakan anda akan susah tidur di malam hari karenanya. Hindarilah tidur - tiduran di sore hari jika badan anda tidak terasa begitu lelah.

6. Berolahraga setiap hari

Usahakanlah melakukan olah raga setiap harinya baik di pagi hari ataupun sore hari untuk membantu tubuh anda mengeluarkan keringat yang akan membawa toksin dan membantu anda untuk mendapatkan tidur yang lebih berkualitas di malam hari.

7. Hindari stres

Jika anda terlalu stres dalam menjalani hari anda maka hal tersebut akan berdampak pada kualitas tidur anda. Hal ini dikarenakan otak anda akan tetap terbebani oleh segudang masalah disaat anda tidur dimalam hari. Dengan otak yang terbebani seperti itu akan menyebabkan otak tetap bekerja walalupun anda dalam keadaan tidur

Sekian tips dari saya semoga membantu anda agar mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

No comments:

Post a Comment

Back To Top