Tuesday, December 20, 2016

Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Membangun Bisnis Online

/ 0 Komentar
Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Berbisnis Online

Untuk memulai sebuah bisnis tentu saja kita harus mempersiapkan hal - hal yang akan mendukung jalanya bisnis tersebut. Pengetahuan bisnis sangat penting guna kelangsungan bisnis yang akan dijalankan apakah akan maju atau bahkan kandas di tengah jalan. Dan semua kita tentunya ingin memiliki bisnis yang dapat terus maju dan mendatangkan profit yang sebesar - besarnya. Maju mundurnya sebuah bisnis sebenarnya kembali kepada si pengelola bisnis tersebut, tergantung apakah pengelola serius atau hanya sekedar ingin coba - coba.

Ada banyak tipe dan jenis bisnis yang bisa anda jalankan, akan tetapi artikel kali ini sengaja saya khususkan untuk bisnis online. Disini saya akan membahas tentang hal apa saja yang perlu diperhatikan dan diketahui sebelum memulia bisnis online. Menurut saya dengan merencanakan bisnis anda secara matang dapat membantu bisnis anda berkembang pesat.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diketahui sebelum berbisnis online.

Tentukan ide bisnis anda dengan cermat

Ide bisnis adalah hal yang paling mendasar yang harus anda miliki sebelum anda memulai sebuah bisnis. Bagaimana mungkin seseorang bisa membangun sebuah bisnis tanpa ide yang singgah dikepala terlebih dahulu? Hampir mustahil rasanya jika seseorang memiliki sebuah bisnis tanpa didahulukan oleh ide. Akan tetapi kita harus menilik kembali apakah ide bisnis yang akan kita jalankan memiliki prospek yang bagus atau tidak kedepanya. Pikirkan ide bisnis anda secermat mungkin dan sematang mungkin sebelum anda merealisasikanya. Sebuah bisnis akan jauh lebih baik apabila si pengelola bisnis memiliki skil atau expert dibidang bisnis tersebut. Oleh karena itu pilihlah bisnis dimana anda merasa memiliki skil yang memadai dibidang tersebut.

Sebagai contoh seseorang yang memiliki skil yang bagus dalam pemrograman maka bisnis yang paling tepat untuknya adalah dengan membuka jasa pembuatan program atau website. Dengan skil yang dimilikinya orang tersebut akan bisa menilai apakah proyek yang dikerjakan bagus atau tidak walaupun proyek tersebut dikerjakan oleh rekan kerjanya. Dengan demikian konsumen akan puas karena program yang diterimanya benar - benar bagus dan seseuai dengan seleranya.

Tekad

Bulatkan tekad anda sebulat - bulatnya dan tentu saja anda harus konsisten dan jadikan prinsip pantang menyerah sebagai prinsip dasar anda dalam menjalankan bisnis anda. Karena perjalanan bisnis anda kedepanya pasti melalui berbagai rintangan yang kalau anda tidak sabar dan pantang menyerah menghadapinya akan berakibat bisnis anda patah di tengah jalan. Tentu saja tidak ada yang mau kalau bisnisnya hancur dan yang selama ini telah dibangun dengan susah payah menjadi sia - sia.

Konsisten

Konsisten yang saya maksud disini bukanlah monoton atau tidak melakukan pengembangan dan berinovasi. Konsisten yang saya maksud adalah tetap konsisten dibidang bisnis yang anda jalani dan jangan jadi orang plin - plan yang mengubah haluan bisnis melihat bisnis tetangga yang terasa lebih menggiurkan. Dengan tetap konsisten bisnis anda akan semakin dikenal dan seiring waktu akan semakin besar dan maju. Jika bisnis anda terasa sedikit goyang maka berinovasilah untuk menciptakan sesuatu yang lebih baik.

Modal

Setiap yang namanya bisnis pasti memerlukan modal baik itu bisnis berbentuk penjualan barang ataupun jasa. Dan yang perlu diperhatikan adalah apakah modal yang kita miliki sanggup untuk membangun sebuah bisnis seperti yang kita inginkan? Jika modal yang anda miliki terbatas jangan ngotot untuk membangun bisnis yang tidak terjangkau oleh finansial anda. Sebaiknya bersabar dan jalani bisnis anda dengan modal yang anda miliki karena lambat laun bisnis anda akan semakin maju dengan sendirinya jika anda mengelolanya dengan baik. Saat bisnis anda terasa sudah semakin maju dan kondisi finansial anda sudah semakin oke, maka saat itulah waktu yang tepat untuk menambah modal usaha anda.

Membangun toko online

Setiap bisnis butuh wadah untuk menampung produk yang akan dipasarkan ke konsumen. Dan karena saat ini kita membicarakan tentang bisnis online maka wadah yang tepat untuk menampung produk yang dijual adalah toko online. Anda bisa membuat sebuah website ataupun dengan menggunakan sosial media untuk dijadikan toko online anda. Yang paling penting adalah para calon kostumer bisa mengakses dan melihat produk yang anda jual secara online.

Online marketing

Online marketing adalah cara untuk mempromosikan produk anda baik itu berupa barang ataupun jasa dengan menggunakan media online. Seperti yang kita ketahui bahwa iklan adalah salah satu kunci sukses sebuah usaha bisnis untuk menjual produk mereka. Ada cara yang mengharuskan kita membayar untuk mempromosikan produk kita dan ada juga yang gratis. Tentu saja memasang iklan yang berbayar memberikan hasil yang lebih baik daripada yang gratisan. Anda bisa mengiklankan produk anda di google adwords yang berbayar atau dengan mempromosikan produk anda di akun sosial media yang gratis.

Lihat siapa pesaing anda

Dunia bisnis tentunya tak lepas dari persaingan antara satu bisnis dengan bisnis yang lainya terlebih jika mereka menjual produk yang relatif sama. Oleh karena itu cobalah memantau saingan anda dan cari tahu apa yang belum mereka miliki untuk dijadikan referensi yang akan diterapkan terhadap bisnis anda. Cobalah berinovasi dan jadilah yang pertama agar para konsumen akan lebih melirik usaha anda dibandingkan usaha pesaing anda.


Membidik sasaran

Membidik sasaran yang saya maksud disini adalah untuk lebih fokus memasarkan dan mempromosikan produk anda kepada kalangan konsumen yang anda rasa paling membutuhkan produk yang anda jual. Akan tetapi anda tidak boleh menutup bisnis anda terhadap kalangan lain karena yang namanya usaha tentunya membutuhkan konsumen sebanyak - banyaknya untuk dapat meraih profit yang sebesar - besarnya.

Sabar dan berdo'a

Kesabaran disertai do'a dan usaha mudah - mudahan akan berbuah manis pada akhirnya. Saya yakin segala sesuatu yang dikerjakan dengan sabar dan disertai do'a akan menjadi sesuatu yang bernilai dan besar tentunya.

Itu tadi adalah beberapa tips yang bisa anda jadikan referensi sebelum anda berbisnis online, semoga saja artikel ini berguna untuk anda.

No comments:

Post a Comment

Back To Top